tanya dewa

tanya dewa

Jumat, 22 Juni 2012

hewan hewan yang menginsoirasikan



Spoiler for LALAT
Quote:
Lalat

Mata Lalat Inspirasi Kamera Pendektesi Gerak
Pernah terpikirkan gak sih oleh kalian kalau ternyata kamera pendeteksi gerak itu ternyata terinspirasi dari seekor hewan yang sering kali kita mengganggu dan berbunyi ngiiiing saat ia sedang terbang yaitu Lalat. Hewan yang berhabitat di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah ternyata bermanfaat juga loh walaupun hewan ini sangat bersahabat dengan kotoran tapi bisa mata dari yang mereka miliki bisa menjadi inspirasi dari para ilmuwan untuk membuat sebuah kamera pendektesi gerak. Kamera ini dapat mendeteksi gerak dari sebuah objek dan kamera bergerak mengikuti arah gerakan dari objek.



Tangkap lalat dan letakkan matanya di bawah mikroskop. Struktur matanya menjadi inspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor target untuk peralatan militer, maupun radar.



Sebab, mata seekor lalat diketahui mampu melihat gerakan objek dengan jelas di antara benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan karena serangga tersebut dapat menyatukan gambaran suatu objek yang mendapatkan tingkat pencahayaan berbeda-beda. Kamera konvensional umumnya hanya bersandar pada satu tingkat pencahayaan.


Misalnya, melihat gerakan seseorang di antara rerimbunan pohon. Dengan memfokuskan pandangan di sekitar gerakan, mata lalat dapat melihat perpindahan objek secara utuh.
Ternyata banyak hal-hal kecil seperti ini yang kita tidak ketahui ya? Padahal efek dari hal-hal kecil tersebut dapat berdampak baik untuk perkembangan kebutuhan manusia, baik dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

INI CONTOH Kamera Pendektesi Gerak GAN :




Spoiler for KECOA
Quote:
Kecoa

Kaki Kecoa jadi inspirasi membuat robot yang bisa berlari dengan cepat.
OREGON - Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa kecoa adalah serangga paling menjijikkan di dunia. Namun tahukah Anda? Para ilmuwan sangat kagum pada serangga yang satu ini.


Mereka setuju bahwa kecoa memiliki kaki hasil evolusi yang unik. Enam kaki yang dimiliki kecoa membuat mereka dapat bergerak secara mengagumkan dan berlari cepat.



Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan di Oregon State University (OSU) menggunakan kecoa sebagai sumber inspirasi bagi robot pertama di dunia yang bisa berlari cepat. Robot ini bahkan disebut-sebut dapat berlari dengan mudah melewati rintangan, sama seperti cara berlari kecoa.



Seperti dikutip dari Science Daily, Kamis (31/12/2009), llmuwan tak hanya ingin meniru kemampuan berlarinya saja, perilaku kecoa yang tanpa berpikir, namun dengan semangat berlari kian kemari pun menjadi inspirasi para ahli untuk menanamkan kemampuan yang sama pada robot mereka.


"Penemuan terbaru menggarisbawahi bagaimana hewan menggunakan kaki untuk mengatur penyimpanan dan pengeluaran energi, dan mengapa hal ini begitu penting untuk stabilitas berlari," kata asisten profesor John Schmitt dari School of Mechanical Industrial and Manufacturing Engineering di OSU.

"Kecoa tidak perlu berpikir saat mereka berlari, sebagai gantinya mereka lebih sering menggunakan tindakan otot yang tidak memerlukan kontrol reflek," tambahnya.


Schmitt menjelaskan bahwa kemampuan ini merupakan bagian yang tengah diupayakan para ilmuwan agar bisa ada pada sebuah robot. Dengan kemampuan ini, robot bisa bergerak lebih cepat tanpa mengeluarkan energi yang besar dan memperhitungkan kekuatan yang mereka butuhkan.


"Jika kita bisa mengembangkan sebuah robot yang berlari dengan cepat, robot tersebut tidak akan memerlukan terlalu banyak kemampuan komputasi dan energi untuk bisa berlari," tandas Schmidtt.


Spoiler for Udang Mantis
Quote:
Udang Mantis

Mata udang mantis menginspirasi pembuatan teknologi 3D

Saat ini kita seringkali mendengar kata tiga dimensi atau 3D. Apa yang Anda bayangkan saat mendengar kata tersebut? Mungkin film 3D, TV 3D, ponsel 3D, game 3D atau perangkat lain dengan teknologi 3D yang ada di rumah atau di sekitar Anda. Sebenarnya apa definisi dari 3D tersebut? Menurut kamus kata 3D (tiga dimensi) adalah suatu bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar dan tinggi. Untuk menampilkan efek 3D pada suatu objek maka suatu gambar/film akan terlihat memiliki kedalaman dan perbedaan ruang antara suatu objek dengan objek yang lain. Teknologi 3D memungkinkan pemirsa menyaksikan tayangan televisi atau film secara lebih nyata. Dimensi yang disuguhkan membuat pemirsa seolah-olah berada pada saat yang sama dengan objek yang ditontonnya. Hebat sekali …


Tahukah Anda kalau ternyata teknologi 3D terinspirasi dari seekor binatang kecil yang bernama udang mantis. Udang mantis (Odontodactylus scyllarus) ternyata tidak cuma memiliki tampilan yang mengesankan, tapi juga dikaruniai kemampuan ‘menangkap’ cahaya yang terpolarisasi yang menjadi dasar pengembangan teknologi 3D. Jika manusia hanya dapat melihat dengan kombinasi 3 warna primer, mata udang mantis dapat membedakan dengan kombinasi 11-12 warna primer. Selain itu, udang mantis juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya berbeda-beda dari polarisasi cahaya.


Hal ini menginspirasi seorang Profesor Elektro-Optikal dari National Taipei University of Technology, Taipei bernama Jen Yi-jun untuk mengembangkan material baru dengan struktur mirip lensa mata udang mantis yang disebut waveplate. Menurut Jen, material tersebut bisa digunakan untuk mem-filter cahaya dengan spektrum yang lebih luas dari piranti optik pada DVD player yang ada saat ini. Dengan inovasi ini, penggemar film nantinya bisa menonton film 3D dengan kualitas lebih baik.Ke depan, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan kacamata 3D sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik. Hebat ya ternyata seekor udang bisa menginspirasi sebuah teknologi luar biasa yang sedang tren saat ini …
Sumber : Kompas.com


Spoiler for LUMBA-LUMBA
Quote:
Lumba-lumba

Sonar lumba-lumba menginspirasi pembuatan radar kapal selam.
Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembua
tan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.


Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Kamis, 21 Juni 2012

7 mahluk mitologi berbentuk ikan

Pendahuluan
Quote:

Makhluk mitologi adalah makhluk-makhluk yang dianggap ada keberadaannya oleh orang-orang dahulu kala (mitos). Biasanya cerita ini didapatkan secara turun-temurun ke anak cucu mereka hingga sekarang. Bahkan beberapa ilmuwan sedang mencoba mengungkap keberadaan mereka yang sebenarnya.

Namun disini saya akan membahas tentang makhluk-makhluk mitologi dalam edisi ikan. Yang dimaksud disini bukan semua makhluk tersebut berbentuk ikan. Namun ada juga yang menyerupai ikan, belut, dan sejenisnya. Berikut daftar makhluk-makhluk mitologi legendaris edisi ikan versi Wikipedia.
Get ready!


Quote:

1. Abaia


Quote:
Menurut mitologi Melanesia, Abaia adalah sejenis belut raksasa dengan kekuatan magis yang bersemayam di dasar danau yang jernih seperti Fiji, Solomon dan Pulau Vanuatu. Diceritakan bahwa Abaia menganggap semua binatang-binatang yang hidup di danau itu sebagai anaknya dan akan melindungi mereka dari ancaman apapun. Konon, ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa ada seseorang yang pergi ke danau yang ditempati Abaia. Dia mendapatkan banyak ikan besar sehingga dia membawa penduduk desa untuk menangkap ikan di situ keesokan harinya. Semua ikan di danau itu diambil oleh warga desa. Namun, seorang perempuan yang menangkap Abaia merasa iba dan melepaskannya. Abaia sangat marah dan pada malam hari dia membuat hujan badai sehingga menenggelamkan semua penduduk desa. Namun ada seorang perempuan yang berhasil selamat, yaitu yang melepaskan Abaia.
2. Dakuwaqa


Quote:
Dakuwaqa adalah Dewa Hiu yang berasal dari mitologi Fiji. Dia sangat dihormati oleh nelayan-nelayan Fiji karena dipercaya akan melindungi para nelayan ketika sedang berlayar di lautan. Diceritakan bahwa dulu Dakuwaqa berencana untuk menguasai Pulau Kadavu. Namun ada Dewa lain (dalam bentuk gurita) yang mengetahuinya dan duel dengan Bakuwaqa. Bakuwaqa berhasil dikalahkan dan dia berjanji tidak akan pernah menyerang Pulau Kadavu lagi. Oleh karena itu sekarang Dakuwaqa dipercaya sebagai Dewa Penjaga pulau Kadavu.
3. Isonade


Quote:
Isonade memiliki arti "Penyerang Pantai", adalah makhluk mitologi dari Jepang yang digambarkan seperti hiu besar yang mengerikan. Dia tinggal di daerah Jepang Barat terutama Pantai Matsuura. Konon ketika Isonade muncul, akan bertiup angin yang kencang dan sebuah sirip ekor akan muncul di permukaan air untuk menyerang kapal atau orang-orang langsung. Dia akan berusaha menjatuhkan mangsanya ke dalam air dan memakannya.
4. Kamohoalii


Quote:
Dalam mitologi Hawai, Kamohoali adalah Dewa Hiu dan saudara dari Kane Milohai, Pele, Kapo, Namaka dan Hi'aka. Disebutkan bahwa Kamohoalii berenang di sekitar Maui dan Kahoolawe. Konon ketika ada kapal yang tersesat di lautan, Kamohoalii akan muncul dan Kahuna (semacam dukun) akan memberinya "awa" (semacam minuman beralkohol), kemudian Kamohoalii akan menuntun kapal tersebut pulang. Kamohoalii juga sering mengantar pulang kapal dengan awak yang bukan penduduk asli Hawaii ke tempat asal mereka masing-masing.
5. Namazu


Quote:
Namazu adalah sejenis ikan lele raksasa yang mengakibatkan gempa bumi yang muncul dalam mitologi Jepang. Dia tinggal di bawah lumpur di bawah pulau Jepang. Namazu juga dijaga oleh Dewa Kashima yang mengendalikannya menggunakan sebuah batu. Konon ketika Kashima lalai dari penjagaan terhadap Namazu, dia menyebabkan gempa bumi dahsyat yang menyerang Edo (Tokyo Modern) pada tahun 1885. Pada faktanya, ikan lele dapat merasakan getaran kecil jika akan terjadi gempa bumi. Biasanya mereka akan menunjukkan tanda-tanda kepanikan yang tidak wajar.
6. Fintan


Quote:
Fintan atau yang memiliki nama lain Salmon of Knowledge, adalah makhluk yang berasal dari mitologi Irish. Dikisahkan bahwa ada seekor ikan salmon biasa yang memakan 9 kacang hazel yang jatuh di Sumur Pengetahuan. Karena itu dia mendapat semua ilmu pengetahuan yang ada di dunia.
Kemudian seseorang yang bernama Finn Eces menghabiskan tujuh tahun hidupnya untuk memancing salmon tersebut dan berhasil. Dia memberikan salmon tersebut kepada Fionn (pembantunya) dan berpesan agar jangan memakannya. Lalu Fionn memasak Fintan dan untuk memastikan salmon tersebut cukup matang, dia menyentuh dengan ujung jempolnya. Jempolnya terbakar dan secara reflek, dia menghisapnya.
Oleh karena tindakan ini, Fionn mendapat semua ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh salmon tersebut. Sepanjang hidupnya, ketika dia ingin mengetahui informasi apapun, dia akan menghisap jempolnya untuk memperoleh pengetahuan tersebut. Akhir cerita, Fionn menjadi pemimpin Fianna (pahlawan mitologi Irish).
7. Shachihoko


Quote:
Shachihoko muncul dalam mitologi Jepang yang digambarkan sebagai singa dengan badan ikan. Shachihoko dipercaya mampu mendatangkan hujan sehingga banyak sekali kastil dan kuil yang memiliki ornamen Shachihoko dalam rangka melindungi tempat-tempat tersebut dari api (kebakaran).

Selasa, 19 Juni 2012

cara kerja lie detector





LIE DETECTOR



Quote:
Penggunaan teknologi canggih di bidang penegakan hukum, semisal LIE DETECTOR untuk mengungkap tingkat kebohongan tersangka, membuat kita semua bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya.

Nah ane tertarik mengulas bagaimana prinsip kerja alat tersebut . Terdapat dua jenis pencatat kebohongan ini, yang berupa digital yang sudah terkomputerisasi dan ada yang berupa sebuah papan mesin portabel.

LIE DETECTOR Digital


LIE DETECTOR Portabel

Quote:
Orang-orang berbohong dan menipu orang lain karena berbagai alasan. Paling sering, BERBOHONG adalah mekanisme pertahanan yang digunakan untuk menghindari masalah dengan hukum, atasan atau figur otoritas. Terkadang, Anda dapat mengetahui bahwa seseorang itu berbohong, tetapi lain waktu mungkin tidak begitu mudah. Polygraphs, atau yang biasa disebut “detektor kebohongan/lie detector” adalah alat yang memantau seseorang melalui reaksi fisiologis.
Quote:


Tampak bagian jari jari orang yang di tes
di pasangi sebuah sensor yang terhubung ke mesin

Sebuah instrumen poligraf pada dasarnya adalah kombinasi alat-alat medis yang digunakan untuk memantau perubahan yang terjadi dalam tubuh. seseorang akan ditanya tentang peristiwa atau kejadian tertentu, para pemeriksa (operator alat lie detector sekaligus biasanya seorang penyidik atau forensic psychophysiologist , tampak melihat bagaimana detak jantung, tekanan darah, laju pernapasan dan aktivitas elektro-dermal (keringat, dalam kasus ini jari-jari) perubahan perbandingan tingkat normal.

Fluktuasi mungkin menunjukkan bahwa orang ini sedang menipu atau berbohong. Lie Detector mendeteksi adanya kebohongan dari sistem gelombang. Bila seseorang bohong maka gelombang akan bergetar cepatSebaliknya jika seseorang jujur, maka gelombang tidak bergetar dengan cepat dan tidak terdeteksi oleh Lie Detector.

Saat seseorang melakukan sebuah tes kebohongan, maka orang tersebut akan dipasangkan 4 sampai 6 sensor, dan dihubungkan dengan sebuah gambar grafik yang menunjukkan hasil-hasil dari pertanyaan yang diajukan. Sensor sensor tersebut biasanya merekam aktifitas seperti yang disebutkan diatas. Kadang-kadang poligraf juga akan mencatat hal-hal seperti gerakan lengan dan kaki.

Ketika tes poligraf dimulai, sang investigator atau penanya akan memberi 3-4 pertanyaan yang simpel dan sederhana dengan jawaban yang diketahui dengan tujuan untuk membentuk suatu fisiologis “dasar”. setelah itu beranjak ke pertanyaan berat yang kemudian indikatornya bisa ditampilkan dalam sebuah grafik naik turun mirip sebuah seismograph pencatat gempa.
Quote:

KETERANGAN GAMBAR:

Tampak diagram yang ditampilkan dalam bentuk garis garis yang menandakan alur pernafasan kita (respiration rate).

Line kedua adalah bagaimana kondisi ujung jari kita saat tes berlangsung (mengcakup keringat yang ada di jari) dan line ketiga adalah kondisi tekanan darah pada saat pemeriksaan.
Quote:


Tampak diatas sensor-sensor juga dipasang
di sekitar dada dan lengan
untuk mendeteksi nadi dan jantung

Berikut sensor-sensor yang terpasang ke tubuh kita saat melakukan sebuah tes kebohongan:

1. SENSOR RESPIRATORY RATE (Pneumographs)

Berwujud tabung karet yang berisi udara dan di ikatkan mengelilingi area perut/dada. Ketika dada atau otot-otot perut mengembang, udara di dalam tabung dipindahkan dalam bentuk grafik pada layar. Tanda di kertas bergulir jika subjek mengambil napas. Poligraf digital juga menggunakan Pneumographs, tetapi menggunakan Transduser untuk mengubah energi udara yang dipindahkan ke sinyal elektronik.


2. SENSOR TEKANAN DARAH

Sebuah alat pengukur tekanan darah ditempatkan sekitar lengan (mirip alat tes tekanan darah pada medis). Alat ini mencatat perubahan-perubahan dalam tekanan darah dan dengan sebuah alat data tersebut dikirim dan dimunculkan dalam Grafik.


3. GALVANIC SKIN RESISTANCE (GSR)

Ini juga disebut pencatat aktivitas elektro-dermal dan pada dasarnya adalah pengukur dari keringat di ujung jari anda (di pasang 2 sensor di ujung jari anda). Ujung jari adalah salah satu daerah yang paling berpori pada tubuh dan indikasinya adalah jika kita berkeringat maka kita sedang dalam tekanan dan alami muncul disaat orang berbohong. Fingerplates yang disebut galvanometers, melekat pada dua dari jari-jari subjek. sensor ini mengukur kemampuan kulit untuk menghantarkan listrik. Ketika kulit terhidrasi (seperti keringat), itu menghantarkan listrik jauh lebih mudah daripada saat kering dan semua data data ini tercatat pula di grafik.

intelejen amerika gagal memecahkan sandi dari indonesia

wikileaks, ya web yang tahun lalu menyebar sensasi dengan menguak dokumen rahasia Amerika. meski masalah ini dianggap sudah selesai, namun masih ada satu "misteri" yang belum terpecahkan, ternyata intelijen Amerika yang sedemikian canggih tak bisa memecahkan kode sandi dari Indonesia????
Menurut dokumen-dokumen rahasia yang didapat oleh Wikileaks, badan inteligen Amerika Serikat, CIA, dan badan keamanan nasional Amerika Serikat, NSA, menangkap pesan-pesan singkat (SMS) dari dan ke Indonesia. Pesan-pesan tersebut mempunyai traffic yang cukup besar.

Pesan-pesan ini membuat mereka curiga karena semua pesan singkat tersebut penuh dengan sandi yang berisi kode angka, huruf dan simbol. Sekilas kode-kode ini terlihat sederhana. Namun, para ahli kriptografi (ahli sandi) berpendapat sandi ini lebih kompleks dari yang terlihat. Kalimat-kalimatnya pendek, dan kata-katanya jauh lebih singkat dari kata-kata normal dalam bahasa Indonesia. Selain itu, tampaknya ada sebagian kata yang merupakan gabungan dari beberapa kata tetapi punya arti lain (portmanteaux). Bahasa yang digunakan sepertinya juga bukan bahasa Indonesia standar, atau mungkin bahkan bahasa daerah. Ini sama saja seperti penggunaan bahasa Navajo dalam Perang Dunia II untuk komunikasi, namun pesannya ditulis dengan mesin Enigma (alat sandi yang digunakan Nazi Jerman waktu perang dunia kedua); walaupun kodenya terpecahkan, bahasa yang digunakan belum tentu dapat dimengerti.


Bahasa Navajo

Bahasa Navajo atau bahasa Navaho (Diné bizaad) adalah sebuah bahasa pribumi di Amerika bagian utara dan tepatnya di sebelah barat daya Amerika Serikat. Bahasa ini terutama dipertuturkan oleh suku bangsa Navajo dan jumlah penutur bahasa ini kurang lebih adalah 175.000 jiwa. Bahasa Navajo termasuk rumpun bahasa Na-Dene. bahasa Navajo adalah bahasa yang dipakai sebagai sandi yang tak terpecahkan di perang dunia kedua.

Kembali ke Sandi dari Indonesia ini
Seorang agen yang menyelidiki pesan-pesan ini menyatakan: “Pesan berisi kode yang kirimkan lewat jalur terbuka seperti layanan SMS membuktikan orang yang mengirim yakin bahwa kodenya tidak mudah untuk dipecahkan, setidaknya sampai informasi yang dikode sudah tidak valid lagi. Kode ini harus dipecahkan secepatnya karena bisa mengancam keamanan nasional”. Pernyataan ini berada dalam sebuah laporan di dalam salah satu dokumen yang didapat oleh Wikileaks.

Berikut contoh pesan yang didapat oleh Wikileaks:
Spoiler for 

“q g mu km pg d4rQ,muv k4n k3slh4n q.i luph u B3bh.”

10 efek positif bermain "game"


Inilah 10 Efek Positif Bermain "Game"



Tidak selalu Game Itu Berdampak Negatif ...... 

Quote:
Belakangan ini, banyak riset yang menunjukkan adanya dampak negatif bermain game khususnya pada anak-anak, baik itu di komputer, konsol atau pun berbagai perangkat gadget. Hal ini sudah tentu membuat banyak orang tua menjadi khawatir dan was-was. Namun sebenarnya tidak hanya efek negatif yang didapat setelah bermain game tapi ada juga efek positifnya , sebenarnya Kita tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, dengan pengaturan waktu bermain serta pengawasan yang tepat, ada sejumlah keuntungan yang justru akan didapat anak Anda dari bermain video game. Berikut adalah 10 manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas bermain video games :
Quote:
1. Aktivitas Fisik

Ada banyak video game di pasaran yang dalam pengoperasiannya memerlukan beberapa jenis aktivitas fisik. Apakah itu menari atau bermain gitar. Di sinilah dibutuhkan kecerdikan orang tua untuk memiliki jenis game untuk anak-anak mereka, yang dapat memaksa mereka (anak-anak) untuk bergerak ketimbang harus duduk di sofa sepanjang hari.
Quote:
2. Kebugaran dan Gizi

Banyak game yang menggabungkan unsur kebugaran, gizi dan hidup sehat sebagai tujuan utama permainan. Bahkan tidak sedikit game yang menyajikan tujuan utama permainan mereka pada kebugaran fisik, yang bertujuan mendorong para pemain untuk menurunkan berat badan untuk mempertahankan gaya hidup sehat.
Quote:
3. Koordinasi mata dan tangan

Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan anak Anda, yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya.
Quote:
4. Keterampilan sosial

Kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat merusak perkembangan anak dan bahkan menyebabkan depresi. Anak-anak yang pemalu dan kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mereka mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain video game. Dengan bermain game online, anak-anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal.
Quote:
5. Peningkatan kemampuan belajar

Kompleksitas games memberikan anak Anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Video game telah berkembang ke titik di mana penggunanya harus mengambil kendali dan berpikir sendiri. Bahkan banyak permainan yang mendorong anak untuk menjadi sabar dan kreativ dalam memecahkan sebuah teka-teki sebelum mereka dapat maju ke tahap berikutnya.
Quote:
6. Sportivitas dan adil

Sportivitas dan adil (fair play) adalah nilai-nilai yang umum dikembangkan dalam olahraga dan organisasi. Game secara tidak langsung menawarkan Anak Anda nilai-nilai ini, terutama saat bersaing satu sama lain.
Quote:
7. Mengurangi stres

Stres tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga anak-anak. Beberapa orang tua terkadang menaruh harapan dan tuntutan yang sebenarnya anak-anak mereka tidak suka, misalnya terkait hobi dan belajar. Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak Anda lepas dari tekanan untuk mengurangi tingkat stres.
Quote:
8. Kerja tim

Kerjasama dan kebutuhan untuk membangun team work kuat pengaruhnya saat anak bermain video game. Beberapa game online misalnya, yang membutuhkan sebuah kerjasama tim untuk mencapai kemenangan.
Quote:
9. Mengatasi rasa sakit

Bermain video game bisa menjadi sarana untuk mengatasi rasa sakit fisik atau emosional, misalnya, pada orang yang sedang menderita suatu penyakit di mana hanya dapat melakukan aktivitas di kamar tidur.
Quote:
10. Membuat orang senang

Salah satu efek terbesar dari bermain game adalah membuat orang bahagia. Namun, sangat penting untuk membatasi waktu bermain game, karena ada kemungkinan bahwa alat ini membuat Anda menjadi kecanduan. Biarkan anak-anak Anda untuk bermain game sesering mungkin, tapi jangan lupa mengingatkan mereka untuk berhenti. Pastikan pula anak Anda tetap melakukan aktivitas di lingkungan sosial.

kecelakaan truck yang aneh


Kecelakaan truk bisa terjadi dimana saja, dan kapan pun kita tidak ketahui. Namun kecelakaan-kecelakaan truk berikut mungkin jarang kita temui. Berikut kita simak kecelakaan-kecelakaan truk aneh.
Quote:
Seorang pengendara mobil di China sangat beruntung saat mini busnya jatuh dari lereng yang lumayan tinggi di pinggir jalan– dab untungnya menimpa truk yang baru saja lewat.
Spoiler for Truk Tertimpa Mobil

Yu Lin, dari Nanyang, Propinsi Henan, saat itu sedang dalam perjalanan untuk menjemput anaknya yang berusia lima tahundari rumah seorang teman saat mobilnya selip diatas genangan lumpur dari jatuh dari lereng. Polisi pun terkejut saat melihat mobil Wu 'nyangkut' diantara lereng dan truk, yangg kemungkinannya satu dibanding sejuta kemungkinan.

Quote:
Kecelakaan truk lain terjadi di Kota New York pada Agustus 2011 saat seorang pekerja kebersihan kehilangan kontrol truk sampahnya dan menabrak tembok tempat parkir di lantai tiga. Ajaibnya sang supir tidak mengalami luka berat dan dibebaskan dari jerat hukum.
Spoiler for Truk 'Nongol' dari Lantai Tiga


Spoiler for Zoom
Untuk mengeluarkan truk etrsebut dari posisi yang 'aneh' ini tim menggunakan sebuah crane untuk mengangkat bagian depan truk dan bersamaan dengan ini, bagian belakang truk ditarik, sedikit demi sedikit kembali ke dalam gedung.
Quote:
Jalan tol Interstate 45 di Houston dibuka kembali setelah ditutup beberapa jam akibat kecelakaan truk yang cukup aneh. Bak hidrolik truk ini 'nyangkut' mengenai rambu tol diatas saat dilewati. Untungnya sang supir tidak mengalami luka sama sekali.
Spoiler for Bak Truk Nyangkut

Kejadian ini bermula saat sang supir tidak menyadari bahwa tombol untuk hidrolik untuk menaikkan bak aktif, saat dia sedang mengemudi.

Quote:
Seorang pengemudi truk diolok-olok warga setelah truk yang ia kendarai 'kejepit' di sebuah gang sempit di desa Bruton, Somerset Inggris.
Spoiler for Truk 'Kejepit'

Sang sopir yang tidak diketahui namanya sedang mengantar minuman ringan dan mencari tempat parkir, namun truknya malah terjepit oleh dua gedung.


Quote:
Seorang supir truk sangat beruntung saat truk yang is kendarai 'nyangsang' di sebuah bukit dengan kedalaman 121 meter karena rem blong.
Spoiler for Truk 'Nyangsang'

Truk yang mengangkut 40 ton batubara terlalu cepat menikung di sekitar daerah Qingzhen, barat daya Cina. beruntung sopir segera memanjat keluar menyelamatkan diri.

Quote:
Lagi-lagi sopir truk ini sangat beruntung saat bisa meloloskan diri dari kecelakaan di Cina saat truknya 'nyangkut' di ujung sebuah flyover.
Spoiler for Truk 'Nyangkut' di Flyover

Truk ini nampak aneh karena seperti menantang gravitasi saat tergantung sekitar 30 meter diatas sebuah jalan di Chengdu. Sayangnya, kontainer yang dibawa truk tersebut jatuh menghantam jalan dibawahnya, namun tidak ada korban jiwa dilaporkan.
Quote:
Bonus
Spoiler for Truk dan Tiang Listrik..

Spoiler for Truk Njomplang

Spoiler for Truk Pinggir Jembatan

Spoiler for Truk vs Jembatan

tips untuk otak lancar di pagi hari


Masalah utama saat akan memulai aktivitas bekerja di pagi hari adalah rasa kantuk, yang membuat otak malas-malasan untuk diajak bekerja. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebugaran otak di pagi hari.

Cara-cara untuk meningkatkan kemampuan otak di pagi hari antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari MensHealth.com, Selasa (19/6/2012).

Spoiler for satu


1. Makanlah seperti sapi
Manusia bukan makhluk memamah biak seperti halnya sapi, namun bisa meniru kebiasaan sehat binatang tersebut. Sarapan tidak harus dilakukan sekali dengan porsi besar, melainkan dibagi menjadi 4 porsi kecil lalu dimakan dengan jeda masing-masing 1 jam sehingga kesannya tidak pernah berhenti makan seperti sapi.

Kebiasaan ini bisa meningkatkan penalaran verbal dan kemampuan memecahkan masalah (problem solving) hingga 35 persen).


Spoiler for dua


2. Sarapan kacang
Kacang-kacangan mengandung senyawa polifenol yang baik untuk kesehatan saraf otak. Sebuah penelitian di Swedia membuktikan bahwa sarapan kacang-kacangan bisa meningkatkan memori kerja sebesar 19 persen, sehingga lebih lancar diajak berpikir.


Spoiler for tiga


3. Jalan-jalan
Berjalan-jalan mengitari kompleks untuk sekedar beli sayuran atau bubur ayam di ujung gang bisa meningkatkan fleksibilitas kognitif hingga 16 persen, yang berarti lebih mudah mengeluarkan ide dan gagasan-gagasan untuk memecahkan masalah. Tidak perlu jalan-jalan terlalu jauh, cukup 20 menit saja.


Spoiler for empat


4. Perbanyak protein
Sarapan yang sehat bukanlah yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, melainkan protein. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa protein memberikan lebih banyak energi bagi otak untuk berpikir sehingga aktivitasnya meningkat 20 persen saat diberi sarapan protein, dibandingkan saat sarapan karbihodrat saja.


Spoiler for lima


5. Makan cokelat
Salah satu kandungan cokelat yang bermanfaat bagi otak adalah kafein, yang juga banyak terkandung dalam kopi. Kafein dari cokelat lebih efektif meningkatkan kemampuan otak justru karena kadarnya lebih sedikit dibandingkan pada kopi. Kafein hanya bermanfaat pada kadar 20-30 mg, selebihnya tidak akan memberikan manfaat tambahan.