tanya dewa

tanya dewa

Rabu, 05 Oktober 2011

[UNIK] Ingin Busi Motor Jadi Tahan Lama? Rebus Saja


BUSI



Quote:
Ternyata busi bekas masih bisa dimanfaatkan. Dengan cara direbus, busi tersebut bisa dipergunakan kembali dan semakin 'tokcer'...

Quote:
BIASANYA ketika kendaraan mengalami mogok, khususnya sepeda motor, kemungkinan yang akan disalahkan adalah busi sebagai penyebabnya. Karena, busi merupakan komponen yang berperan untuk memercikkan bunga api di dalam ruang bakar. Akibatnya, busi langsung dibuang ketika diganti yang baru.

Padahal busi bekas pakai tersebut, jika disimpan dalam waktu lama dan ketika akan digunakan lagi pengapiannya justru cukup bagus. Bagaimana bisa busi bekas bisa menghasilkan pengapian yang bagus? Memang perlu perawatan dalam menyimpannya.

Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. Besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, Insya Allah bisa dimanfaatkan lagi.

Untuk merawat busi agar bisa digunakan lagi pada lain waktu ada juga langkah lainnya. Langkah ini memang tidak ada dalam SOP pabrik karena dianggap nyeleneh. Mau tahu seperti apa?
Quote:
TRIK 1
Quote:
Langkah pertama adalah kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. Setelah itu siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. Saat air mulai panas (bergolak), masukan busi ke dalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.

Cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. Kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.

Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, hingga kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik. Akan lebih bagus jika busi yang baru dibeli juga diperlakukan sama. Berdasarkan pengalaman, busi bekas dengan melalui proses rebus, dalam tempo 5 tahun tidak pernah ganti lagi.
Quote:


TRIK KE 2
Quote:
Busi bisa tahan lama dengan cara direbus/ Istimewa
Busi bisa tahan lama dengan cara direbus/ IstimewaSebelum busi bermasalah yang paling mudah dan pertama ketika merawat busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). Langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.

Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina/CDI akan menghasilkan/memercikkan api. Api inilah yang akan membakar bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. Diantara kedua titik tersebut (di tengah) akan dilapisi oleh isolator.

Pada intinya, konstruksi busi terdiri dari insulator dan elektroda. Elektroda biasanya menggunakan logam yang dilapis dengan nikel, chrome, mangan, silikon dan lain-lain agar mampu menahan kondisi ekstrim. Sedangkan insulatornya berbahan dasar aluminia.
Quote:

Cara kerja busi Dan Type nya

Quote:
Cara kerja busi/ IstimewaCara kerja busi/ Istimewa
Berdasar kemampuan mentransfer panas, busi dibagi dalam dua tipe yaitu:

Panas
Busi tipe panas adalah busi yang lebih lambat untuk mentransfer panas yang diterima. Cepat mencapai temperatur kerja yang optimal, namun jika untuk pemakaian yang berat bisa terbakar. Biasa digunakan pada motor-motor standar untuk penggunaan jarak dekat.

Dingin
Busi tipe dingin lebih mudah mentransfer panas ke bagian head cylinder. Biasanya digunakan untuk penggunaan yang lebih berat. Misalnya untuk balap atau pemakaian jarak jauh karena sifatnya yang mudah dalam pendinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar